Sabtu, 16 Januari 2010

4 Akibat Ngiklan di sembarang tempat

Pernahkah Anda ketika menawarkan sebuah produk ataupun jasa mendapat cacian dari seseorang ?

Kalau iya, boleh jadi penyebabnya adalah dari diri sendiri, yakni beriklan tidak pada tempatnya atau ngiklan di sembarang tempat.

Fakta seperti ini banyak kita jumpai di internet, bukannya untung malah sebaliknya menjadi buntung. Banyak sekali kerugian yang akan kita dapatkan jika kita melakukan demikian, diantaranya :

1. Mendapat Cacian 


Beberapa email marketing yang bisa dikategorikan sebagai SPAM adalah mengirim email kepada orang yang tidak kita kenal dan mereka tidak memintanya, memborbardir pesan dengan menggunakan software tertentu yang bisa terkirim ke banyak orang sekaligus tanpa adanya personalisasi, dsb.

Orang yang mendapat email semacam ini biasanya akan menjadi gusar, belum kenal kok tiba-tiba menawarkan begitu saja, apalagi sebelumnya tidak kenal dengan BOM email tersebut.

Bisa jadi mereka kesal dan membalas email tersebut dengan balasan yang tidak enak didengar, bahkan bisa saja melaporkan perbuatan tersebut ke pihak penyedia layanan email yang mengakibatkan penonaktifan account.

Kalau Anda tidak mau mengalamai demikian, namun ingin menggunakan iklan jalur email marketing, alangkah baiknya menggunakan opt in mail dengan menggunkan Autoresponder. Apalagi Autoresponder sekarang ini harganya terbilang murah, fiturnya komplit dengan tidak meninggalkan kualitas seperti yang saya pakai selama ini.



2. Produk Tidak Laku 



Dampak kedua selain mendapat cacian adalah tidak lakuknya produk yang kita pasarkan.

Produk Anda berhubungan dengan cara menjadi Blogpreneur sukses, tapi Anda iklankan produk tersebut ke forum ibu-ibu yang membicarakan tentang kehamilan.

Siapa yang mau membeli kalau iklan yang kita tawarkan tidak mengenai sasaran (tidak tertarget).

Untuk itulah Anda harus menghindari beriklan di tempat yang bukan tempatnya. Salah satu cara terbaik beriklan agar iklan kita tepat sasaran adalah dengan menggunakan teknik SEO dengan menjadi TOP 10 Google pasar yang kita bidik. 



3. Prosentase Penjualan Kecil 



Okelah saya tidak memungkiri bisa saja produk yang Anda iklankan tetap laku walau Anda beriklan sembarangan. Tapi perlu diingat, itu prosentesenya kecil dibanding Anda beriklan di tempat yang tepat.



4. Jatuhnya Kredibilitas 



Apa jadinya bila kita kehilangan kredibilitas, sudah pasti akan sangat sulit bagi kita dalam menjual di internet. Apalagi bisnis di internet tidak mengenal tatap muka dalam setiap transaksinya, maka asas kredibilitaslah yang menjadi pertaruhan.

Dalam pengertian ini, menurut saya pribadi kredibilitas mempunyai makna yang luas, diantaranya: etika kita dalam setiap bertransaksi, profesionalisme dalam pelayanan, kecakapan terhadap produk yang kita pasarkan, cara kita berbicara, kepercayaan, tanggung jawab, pun demikian dengan cara kita beriklan.

Karena ketika kredebilitas tersebut jatuh, imbasnya akan menjadi panjang yang ujung-ujungnya sampai menurunnya profit dan hilangnya penghasilan.

Mudahan-mudahan saja kita terhindar dari demikian dan alangkah baiknya menggunakan cara yang baik, benar dan tepat dalam beriklan. Jika semua faktor diatas kita taati, niscaya akan berimbas pula pada apa yang kita idamkan. Amiin…. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar